Seputar Teripang Jelly Gamat

Seputar Teripang Jelly Gamatteripang jelly gamat | Manfaat Jelly Gamat Untuk Kesehatan

Gamat (mentimun laut emas, stichopus hermanii) biasa disebut haisom/teripang adalah binatang dasar laut yang dipercaya oleh orang asia sejak ratusan tahun yang lalu hampir luput dari perhatian dunia membuat kejutan dikarenakan keampuhan gamat (ginseng dari laut) dalam membantu penyembuhan dan pemulihan penyakit degeneratif mematikan yang paling ditakuti banyak orang seperti Diabetes Militus, Kerapuhan Tulang, Radang Sendi, Bocor Jantung, Asthma, Psoriasis, Kanker, dsb

Holoturian, Gamat atau Teripang laut (Haisom) digunakan oleh bangsa melayu Langkawi sekaligus sebagai makanan obat tradisionil untuk menyembuhkan penyakit asthma, sakit persendian, penyakit kulit darah tinggi hingga jantung.

Lebih dari 1100 species timun laut telah teridentifikasi sebagai kerabat binatang. Ada yang berbentuk biasa seperti yang kebanyakan digunakan untuk konsumsi makanan executive ada yang berbentuk sangat exotis. Banyak jenis memiliki tonjolan tonjolan pada kulitnya sehingga tampak seperti mentimun berkulit besar ukurannya beraneka ragam, mulai yang berukuran mikroskopis hingga bisa sepanjang 5 meter, namun kebanyakan gamat berukuran sekitar 10 – 30 cm

Teripang atau gamat mendominasi kehidupan dasar laut dalam / palung laut hingga 90%, sekalipun mayoritas tinggal didasar laut beberapa species dapat berenang. Gamat terdapat diseluruh samudera dunia dan bertugas membersihkan pasir laut dari serpihan serpihan endapan benda benda / Lumpur organic di dasar laut maupun terumbu karang dengan cara menghisapnya, melumatnya dan meninggalkan pasir yang telah dibersihkan dibelakangnya.

Kemampuan Regenerasi Sel Gamat yang sangat luar biasa

Beberapa species gamat memungkinkan hewan hewan laut lainnya seperti ikan kecil seperti belut tak bersisik dan adakalanya transparent dari keluarga Carapidae tinggal dengan nyaman didalam perutnya untuk menyantap bio organic penuh gizi, bahkan mempersilahkan mereka untuk menyantap organ dalamannya seperti: organ reproduksi, pencernaan hingga pernapasan, namun hal ini tidak membahayakan sang gamat teripang sama sekali karena ia dapat menumbuhkan kembali jaringan yang hilang.

Suatu kejutan yang ia simpan dalam keadaan terjepit adalah gamat akan membelah diri dan membiarkan isi perutnya terburai keluar. Ini adalah upaya gamat untuk mengecoh dan mengalihkan perhatian lawan agar membatalkan niatannya untuk memangsa tubuh sang teripang, namun sang teripang tidak mati, organ dalaman binatang yang tangguh ini akan tumbuh kembali beberapa minggu kemudian.

Teripang – GAMAT jenis Stichopus Hermanii misalnya mampu menyambung dinding tubuhnya yang telah dipotong setelah dilepas kembali kedalam air laut.

Salah satu metode perkembang biakannya gamat adalah dengan cara yang kelihatan amat radikal, mereka benar benar membelah diri dengan cara mengkontraksikan bagian tubuh tertentu sehingga seekor teripang terbelah menjadi dua tubuh untuk kemudian masing masing tubuh menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang. Hal ini dapat terjadi karena secara alamiah gamat memiliki organisasi jaringan yang amat rumit serta daya regenerasi sel yang luar biasa.

Senjata Pertahanan Gamat

Salah satu senjata andalan gamat pada saat diserang oleh musuh adalah menyemprotkan segumpal benang panjang dan lengket yang kemudian mengeras untuk menjerat lawan atau mengalihkan perhatian. Seorang pemburu teripang yang rambutnya ter perangkap senjata ini harus merelakan rambutnya dicukur habis tanpa ada pilihan lain.

Senjata lain gamat yang menjadi andalannya adalah Toxic Holothurin yang dapat mematikan seekor ikan, namun tidak menimbulkan bahaya serius bagi manusia selain iritasi mata atau kulit. Belakangan para scientist mengembangkan toxic Holothurin ini sebagai obat alternative melawan Kanker maupun Infeksi (Antiseptic Alamiah). Seperti juga halnya Herbal, Teripang juga didapati kaya dengan sumber obat obatan alami. Jenis yang biasa digunakan untuk di extracts adalah jenis Stichopus yang oleh orang Melayu dikenal dengan sebutan GAMAT.

Kemampuan TeripangGAMAT jenis Stichopus hermanii misalnya yang dapat menyatukan dinding tubuhnya kembali setelah dipotong dan kemudian dikembalikan kelaut memberikan bukti dan Keyakinan para praktisi alternative bahwa hewan ini mempunyai nilai lebih sebagai bahan obat tradisional.

Penduduk kepulauan Pasific mendapati usus timun laut baik untuk ibu mengandung dan juga ibu yang baru bersalin, memulihkan sakit sendi seperti Arthritis maupun Radang Sendi. Penduduk Melayu semenanjung Malaysia menggunakan sari Teripang – GAMAT Stichopus Hermanii dan Stichopus Horrens sebagai obat tradisional untuk merawat Asthma, Hypertensi, Rheumatism, Penyakit Kulit, Luka Ringan, Luka Bakar, Radang Sendi, dan Kencing Manis.

GAMAT juga terkenal karena kemampuannya mempercepat penyembuhan luka dalam, terutama setelah pembedahan kecil, pembedahan “Caesarian”, serta pasca bersalin

Penduduk melayu memproses gamat teripang dengan cara mengeluarkan air dari tubuhnya dengan melakukan pembedahan kecil dibawah badannya, atau dengan proses pemanasan untuk kemudian dijemur hingga kering dibawah matahari. Apabila perlu teripang kering tsb dimasak bersama minyak kelapa untuk kegunaan tradisional lain. Adakalanya gamat kering direndam semalaman didalam air untuk kemudian air rendamannya diminum sebagai Tonic untuk pegal pegal serta nyeri tubuh.

Minyak Gamat yang dihasilkan setelah dimasak bersama santan kelapa dapat digunakan untuk menyembuhkan luka serta obat urut untuk keseleo. Selain itu extract (sari pati) gamat digunakan pula untuk merawat Gusi Berdarah dan Mimisan

Dikawasan pantai semenanjung Malaysia, nelayan menggunakan air gamat sebelum melaut untuk memastikan mereka selalu dalam keadaan Fit. Ditengah laut mereka kembali meminum air gamat untuk mengatasi kedinginan dan menjaga stamina.

Kandungan Penting TeRipang Gamat

Para Praktisi Alternative Medicine mulai melirik GAMAT dan menggunakan extract Timun Laut tsb sebagai obat alamiah / alternative untuk mencegah serta memulihkan banyak jenis penyakit degeneratif seperti Diabetes Militus, Degenerative Joint Disease (DJD) atau Penyakit Persendian, Penyakit Jantung, Darah Tinggi, Stroke, Kanker, Infeksi / Peradangan dan Athma. Namun jenis teripang yang digunakan untuk di extract sebagai obat alami biasanya berbeda dari yang biasa digunakan untuk dimakan biasa.

Gamat Teripang seperti layaknya sarang burung walet dan sirip ikan hiu masuk dalam katagori makanan yang bersifat delikasi dan sekaligus menyehatkan, terutama untuk perawatan kulit, pencernaan, pernapasan dan jantung. Ini disebabkan oleh karena teripang (seperti juga halnya sarang burung walet dan sirip ikan hiu memiliki kadar Collagen yang tinggi dalam protein nya

Kini Teripang – Gamat (Stichopus) mulai dicari oleh para praktisi alternative yang telah mempelajari khasiat gamat, karena selain kaya kandungan Collagen juga terdapat kandungan substansi penting lainnya seperti Mucopolysaccharide, Glucosamine Sulfate, Chondroitin Sulfate, Holoturin, Asam Lemak W3, Mineral & Trace Mineral penting spt: Calcium, Chromium, Mangan, Ferum, Nikel, Cadmium, Cobalt dan Zinkum, Omega3 yang terdiri dari Eicosapentaenoic (EPA) dan Docosahexoenoic (DHA)

Para praktisi alternative pada umumnya menggunakan Collagen untuk memperbaiki kulit yang rusak, keriput dan tulang yang rapuh. Collagen adalah bahan yang amat penting pada kulit maupun Tulang. Sebagai contoh: Tulang kita adalah kombinasi hebat antara Calcium Phosphate dan Collagen. Tanpa Collagen tulang akan menjadi rapuh dan mudah pecah seperti layaknya kaca. Tanpa Calcium tulang akan menjadi lembik seperti layaknya mainan karet. Gabungan kombinasi antara Collagen dan Calcium membuat Tulang menjadi sebuah kerangka berkekuatan baja tetapi memiliki berat sebuah ranting kayu

Kerangka manusia dewasa lengkap berbobot hanya 9 Kg, dimana apabila dibuat dari besi baja bisa berbobot hingga 200 Kg dan kita menjadi amat sulit bergerak.

Pada kasus orang orang lanjut usia (terutama wanita) amat rentan terhadap kerapuhan tulang, dan sering kali seseorang hanya terfokus pada pemulihan dengan Calcium tanpa menghiraukan Collagen.

Pemulihan patah tulang pada orang lanjut usia amat sulit, ini disebabkan kadar Collagen pada tulang pada orang tua telah amat berkurang, padahal Collagen berfungsi sebagai pengikat jaringan tulang. Dengan demikian, banyak kasus patah tulang orang tua sulit dilakukan penyambungan padahal sang penderita mengkonsumsi Calcium Supplement dalam jumlah cukup banyak.

Pada banyak kasus, Extract Teripang atau Gamat terlihat sangat membantu penyambungan tulang pada kasus patah tulang pada wanita maupun pria setengah baya.

Kelebihan gamat yang tidak dimiliki oleh pesaingnya (sarang burung walet maupun sirip ikan hiu) adalah kandungan:

Mucopolusaccharide (MPS), Glucosamine + Chondroitin Sulfat  (GAGs), Mucopolusaccharide (MPS) atau dikenal juga dengan sebutan Glycosaminoglycans dikenal sebagai bahan dasar pemulihan Degenerative Joint Disease (DJD). Gamat membangun kembali tulang rawan (dalam bentuk chondroitin sulfate), menghilangkan sakit / linu pada sendi.

Cartilage (Tulang Rawan)

Kandungan Glucosamine Sulfate dan Chondroitin Sulfate (GAGs) dalam ekstrak gamat merupakan bahan dasar Tulang Rawan, mencegah / memulihkan Radang Sendi, Osteoarthritis, menstimulasi tubuh mensekresikan cairan sendi (Synovial) yang berfungsi sebagai Lubrikasi pada persendian.

MPS dan GAGs dalam kandungan gamat juga berfungsi sebagai Antithrombogenic, mengencerkan cairan darah, mencegah penggumpalan (Cloth) dan penyumbatan dalam darah menurunkan kadar LDL dan VLDL, menambah elastisitas (kekenyalan) dinding pembuluh darah.

Dengan demikian gamat amat baik untuk digunakan sebagai bahan pencegah Stroke dan Gangrene (yang biasa dialami para penderita Diabetes Militus) Selain dari pada itu Glucosamine Sulfate dan Chondroitin Sulfate (GAGs) membantu mempertahankan Kekenyalan Kulit, dan Jaringan serta Anti Gen Tumor.

Asam lemak tidak jenuh jenis W-3 dalam gamat penting untuk kesehatan jantung, menormalisasi / menstabilkan tekanan darah amat baik untuk membantu mengatasi Hypertensi. Asam Amino lengkap, bahan dasar regenerasi Sel.

Vit E dan Enzyme SOD (Super Oxide Dismutase), Antioxidant yang amat penting untuk menetralkan Radikal Bebas, mencegah Tumor / Kanker. Mineral dan Trace Mineral yang terkandung: Calcium, Chromium, Mangan, Ferum, Nikel, Cadmium, Cobalt dan Zinkum.

Calcium Carbonate adalah bahan dasar Osikel (kerangka tripang) membuat Tripang sebagai makanan yang kaya akan Calcium yang amat dibutuhkan untuk kesehatan Tulang.

Chromium adalah bahan penting untuk meningkatkan fungsi Insulin, diperlukan untuk mencegah serta memulihkan penyakit Diabetes (kencing manis).

Zink adalah Trace Mineral yang berfungsi untuk mencegah pembengkakan Prostate (Hypertrophy).

Omega3 yang terdiri dari Eicosapentaenoic (EPA) dan Docosahexoenoic (DHA)

Kedua jenis lemak ini berperan dalam pemulihan tisu serta membantu memperlambat proses penuaan sel, meningkatkan kinerja Otak maupun Mata, juga mempunyai sifat antithrombotic yang menghalangi pembentukan koagulasi darah pada nadi serta membantu menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit Jantung (Cardiovascular)

Pendapat para ahli terhadap Gamat (haisom)

Keampuhan Teripang – Gamat dalam merawat berbagai penyakit ini telah mendorong para scientist beberapa Universitas Malaysia pentingnya timun laut sebagai sumber obat obatan alternatif.

Berawal dari bantuan subsidi dana penelitian setempat seperti IRPA RMK-7 dan dana penelitian lain yang disubsidi oleh lembaga lembaga pendidikan seperti Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Islam – International Malaysia, SMIDEX serta bantuan logistic Himpunan Nelayan Sabah, Taman Laut Sabah, Organisasi Perikanan, Lembaga Kemajuan Ikan Malaysia (LKIM) dan beberapa pengusaha Gamat domestic, DR.Ridzwan dan rekan rekannya telah melakukan penelitian juice extract kasar beberapa species teripang dan teripang – Gamat berkenaan khasiatnya memulihkan berbagai penyakit dan masalah  kesehatan , termasuk penelitian seputar hal Budi Daya Teripang

Hasil riset gamat yang telah dibukukan mendapatkan penghargaan sebagai “Peternak Timun Laut Pertama di Malaysia oleh “The Malaysia Book of Record”

Beberapa jenis species Gamat berupaya mempercepat proses penyembuhan luka di tubuhnya sendiri. Penerapannya pada kulit manusia sangat hebat, penampilan permukaan kulit yang cedera setelah dirawat dengan sari Gamat kembali normal, bekas luka hampir tidak kelihatan.

Kajian sari Gamat terhadap tikus putih menunjukkan kandungan Antinosiseptive (penghilang rasa sakit / nyeri) lokal yang kualitasnya hampir menyerupai getah analgestic morphin. Selain itu sari Gamat juga didapati mempunyai khasiat Antiinflamasi (anti peradangan)

Kandungan sari Gamat didapati mengandung enzyme SOD (Super Oxide Dismutase) yang dapat menetralisir radikal bebas penyebab kanker / tumor, asam Omega yang dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu extract gamat ini menghasilkan khasiat Antianafilaksis, mungkin disebabkan Gamat mengandung bahan Bio-Active yang bersifat Antagonis terhadap kontraksi saluran pernapasan oleh Histamin. Beberapa jenis species Gamat mempunyai khasiat Antiseptic yang menghambat pertumbuhan beberapa jenis kuman – bacteria, virus maupun jamur.

Selain mempunyai efek pemulihan terhadap Arthritis, ekstrak gamat juga memiliki khasiat Vasodilatasi pada saluran coronary jantung dan menurunkan Hypertensi.

Extract Gamat kasar memberikan efek Sitotoxic terhadap sel sel Leukimia CEM-SS T-Lymphoblastic dan sel sel Raji secara invitro. Khasiat sebagai efek laxative terbukti dengan ditemukannya Enzyme Lactate Dehydrogenase dalam beberapa species timun laut.

Sistem Pencernaan

GAMAT juga meningkatkan rembesan Mucus (lendir) pada lambung dan mempercepat ploriferasi sel sel epithelium pada saluran lambung tikus yang terkena Tukak.

Sejauh ini Extract Supplement Gamat Luxor telah di konsumsi di Indonesia sejak tahun 2002 dan mendapatkan hasil yang amat mengesankan untuk penyembuhan penyakit degeneratif seperti Terutama: Diabetes Militus + Komplikasi Gangrene, Radang Sendi, Astma, Psoriasis, Lupus, Stroke, Jantung Bocor, Penyakit Lambung, Kerapuhan Tulang, serta berbagai kegunaan lain seperti Luka Bakar, Luka sayat, Luka Sunat, Luka Radang. Sumber : Gamat, Prof Ridzwn Hashim dan dari berbagai sumber.

Kesaksian dari mereka yang telah mengkonsumsi Jelly Gamat.

Gamat dapat dikonsumsi dengan dosis  3 X  2 – 3 sdm/hari, khasiat nyata:

  • Dalam waktu 20 menit terasa sangat nyaman pada penderita Lambung akut.
  • Sakit pada Persendian, Artritis,
  • Kelembaban, Kekenyalan kulit, terutama bagi wanita yang telah menopause.
  • Gamat dapat mempercepat penyembuhan Pasca operasi, setelah Bersalin.
  • Dalam 2 hari menghentikan perdarahan pada Wasir yang parah.
  • Mencegah terjadinya Decobitus, luka pada kulit karena terlalu lama tertekan/tidur.
  • Menghilangkan sampai 90%, bau pada ganggren, (luka pada penderita Diabetes/ sakit gula), dan mempercepat penutupan pada luka.
  • Tidur lebih nyenyak (memperbaiki kualitas tidur).

Jelly Gamat adalah suplemen alami yang lengkap dan unik bagi kesehatan tubuh manusia yang merupakan produk hasil proses alami dari teripang emas (haisom) yang hidup di dasar laut jernih dan aman dikonsumsi untuk jangka panjang tanpa efek samping.

Ekstrak Jelly Gamat Luxor tersedia dalam kemasan 350 ml dan 1 liter. Untuk informasi manfaat lengkap gamat dan konsultasi serta pemesanan jelly gamat Luxor silahkan klik cara beli. Demikian artikel mengenai seputar teripang jelly gamat semoga bermanfaat, dari berbagai sumber.

About jellygamatspirulina

Gamat Luxor dan Spirulina Pacifica. Stokis Resmi Gamat Spirulina Terbesar Seluruh Indonesia.
This entry was posted in Informasi Kesehatan Alami and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>