Perawatan Pasca Stroke Ringan Yang Dapat Dilakukan Dengan Mudah

Perawatan pasca stroke ringan yang pernah dialami merupakan suatu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari timbulnya kembali penyakit tersebut untuk diderita. Hal ini perlu untuk dilakukan demi menjaga kondisi kesehatan tubuh yang tidak seimbang akibat adanya penyakit stroke ringan tersebut. Dengan berbagai perawatan dan tindakan pemulihan yang dilakukan, seseorang penderita penyakit stroke ringan dapat mengurangi atau menghilangkan gejala dari penyakit yang pernah dialami.

Perawatan Pasca Stroke Ringan
Image: http://theblueroom.bupa.com.au

Pada dasarnya penyakit stroke merupakan suatu gangguan kesehatan dengan ditandainya tubuh terkena serangan iskemik transien. Hal ini dapat dikarenakan oleh terjadinya penyumbatan pembuluh darah arteri yang menuju pada otak secara sementara. Bila hal ini tidak segera ditangani dengan baik, maka dapat menimbulkan penyakit stroke yang serius dengan akibat kerusakan organ otak secara permanen. Tentu hal ini akan sangat membahayakan kondisi kesehatan penderita.

Penyakit stroke ringan yang telah dinyatakan sembuh, biasanya masih memberikan beberapa gejala terhadap tubuh penderita. Oleh karena itu berbagai perawatan pasca stroke ringan sangat diperlukan demi menghilangkan berbagai gejala yang ada. Selain itu perawatan yang dilakukan juga bertujuan untuk memulihkan kondisi tubuh dari penderita penyakit stroke ringan. Untuk perawatan pasca stroke ringan yang dapat anda lakukan dapat berupa berbagai hal berikut ini.

Pemantauan tekanan darah pada perawatan pasca stroke ringan

Seseorang yang pernah mengalami penyakit stroke ringan, harus selalu melakukan pemantauan terhadap kondisi tekanan darah di dalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan seseorang yang pernah mengalami stroke ringan, memiliki kondisi tekanan darah yang tidak stabil. Bila tekanan darah melebihi angka 140/90 mmhg, maka akan sangat membahayakan kondisi saluran darah dan dapat memperbesar kemungkinan timbulnya penyakit stroke kembali.

Anda dapat melakukan perawatan dengan memantau kondisi tekanan darah melalui bantuan dokter terpercaya. Selain itu pemantauan terhadap tekanan darah di dalam tubuh juga dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat kedokteran tensimeter. Kondisi tekanan darah dari seseorang dengan usia dewasa yang normal berada pada angka 120/80 hingga 140/90 mmhg. Pengukuran tekanan darah harus dilakukan pada kondisi tubuh yang santai dan tidak tegang, sehingga dapat memperoleh angka tekanan darah yang sebenarnya.

Mengatur pola makan pasca stroke ringan

Pada seseorang yang pernah mengalami penyakit stroke ringan, maka akan sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan yang dilakukan setiap harinya. Beberapa jenis makanan yang mengandung senyawa tertentu dengan pengaruhnya terhadap kondisi tekanan darah di dalam tubuh patut untuk dihindari. Selain itu beberapa jenis makanan yang mengandung gizi penting seperti garam juga patut untuk dibatasi karena akan sanga berbahaya terhadap kondisi tekanan darah di dalam tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu berbagai makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi harus dihindari karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di dalam tubuh. Penyumbatan pembuluh darah sering terjadi karena adanya jumlah kolesterol serta senyawa dari garam yang berlebihan di dalam tubuh. Sehingga untuk konsumsi dari berbagai makanan dengan kandungan kolesterol serta garam harus diperhatikan setiap harinya.

Hindari berbagai kebiasaan tidak sehat bagi penderita stroke

Bagi seorang penderita stroke ringan, melakukan berbagai aktivitas gerak akan sangat baik bagi kondisi kesehatan tubuh karena dapat membantu melancarkan peredaran darah menjadi lebih baik. oleh karena itu, bagi penderita stroke ringan harus selalu menghindari dan menghentikan kebiasaan fisik tidak aktif dengan hanya berdiam diri pada waktu yang lama. Selain itu salah satu kebiasaan tidak sehat lainya yang harus dihindari adalah merokok. Merokok dapat mengakibatkan timbulnya penyakit stroke yang lebih parah dengan kerusakan sistem syaraf akibat pengaruh senyawa nikotin di dalamnya.

Kemudian untuk konsumsi makanan sehari-hari, selalu usahakan untuk menghindari makanan cepat saji yang tidak sehat bagi tubuh anda. Makan cepat saji memiliki berbagai kandungan senyawa pengawet, pewarna, penyedap, serta berbagai bahan kimia lain yang tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya bila aktivitas konsumsi yang anda lakukan dialihkan pada berbagai makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk perawatan pasca stroke ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *